Audiensi AIMI Bantul dengan Wakil Bupati Bantul 


Bantul, 17 November 2017



Diterima oleh Bapak H. Abdul Halim Muslih dengan sangat hangat di kantor Wakil Bupati Kabupaten Bantul, perwakilan dari AIMI Bantul Cahyani Hijriafitri selaku Ketua AIMI Bantul didampingi Sekretaris Ratih Maylawati, Kadiv AdvokASI Dian Ismarini, dan Divisi edukASI Ratna Dwi Hidayati menjelaskan kegiatan-kegiatan yang sudah diselenggarakan selama kurang lebih 2 (dua) tahun dan juga jejaring yang telah berkolaborASI dengan AIMI Bantul selama ini.

Selain itu tim AIMI Bantul juga membahas Peraturan Bupati Bantul no. 82 tahun 2012 tentang pemberian ASI eksklusif. Hal-hal yang tertuang dalam Peraturan Bupati dirasa sudah sangat membantu dalam hal regulASI demi peningkatan keberhasilan menyusui khususnya di wilayah Bantul, hanya saja kondisi riil dilapangan seringkali masih kurang ideal dengan isi Peraturan Bupati tersebut.

Sehingga pada kesempatan kali ini, AIMI Bantul menyampaikan beberapa hal, antara lain:

  • Fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan diharapkan bisa berperan aktif memberikan informASI dan edukASI mengenai pentingnya ASI serta bahaya formula dan dot kepada setiap ibu hamil, juga menghindarkan bayi dari media dot dan paparan formula kecuali atas indikASI medis.
  • Mendorong dibuatnya hotline untuk pelaporan masyarakat apabila ditemukan pelanggaran pasal pada Peraturan Bupati Bantul no. 82 Tahun 2012 oleh fasilitas kesehatan maupun tenaga kesehatan dan tempat kerja serta prosedur tindak lanjutnya.
  • Mendorong pemerintahan Kabupaten Bantul berperan aktif mengawal dan melindungi ibu bekerja yang sedang dalam proses menyusui untuk mendapat fasilitas Ruang Laktasi dan kemudahan mengakses di jam kerja.
  • Pembangunan akses Ruang LaktASI pada fasilitas-fasilitas umum seperti pasar tradisional dll.
  • Peningkatan kesadaran masyarakat bantul akan pentingnya mendapat informASI dan edukASI terkait ASI dan menyusui, dengan memperbanyak iklan masyarakat maupun kampanye ASI yang lebih masif.

Bapak Halim selaku Wakil Bupati Bantul berjanji akan berupaya dan berkomitmen untuk memperbaiki kerjasama lintas sektor dalam upaya peningkatan keberhasilan menyusui di Kabupaten Bantul dan mendorong setiap tempat bekerja baik pemerintahan maupun swasta, fasilitas kesehatan, fasilitas umum untuk dibuat fasilitas Ruang laktASI sebagai dukungan nyata pada pemberian ASI.

Besar harapan kami semoga audiensi ini mampu menjadi jembatan bagi upaya peningkatan keberhasilan menyusui di Kabupaten Bantul dan Pemerintah Kabupaten Bantul dapat benar-benar mendorong terciptanya supporting system bagi ibu menyusui dan menuju Bantul Projo Taman ASI, menyusui kapanpun dan dimanapun.


Terdapat pada kategori Kegiatan, Bantul pada 05 Mar 2019

Informasi Lainnya